Saturday, June 29, 2013

PULAU TERROR: PERTEMPURAN IWO JIMA





"Februari-Maret 1945 sebanyak 70.000 Marinir Amerika Serikat dan 21.000 tentara Jepang bertempur di pulau Iwo Jima, Pasifik yang hanya seluas 21 km persegi. Amerika Serikat bertekat menduduki Iwo Jima demi mengamankan jalur pulang-pergi pembom B-29 yang bertugas membom daratan Jepang. Setelah meneror kedua belah pihak selama 35 hari, pertempuran pun berakhir dengan hampir 48.000 jiwa menjadi korban, separo di antaranya gugur.
Komik ini melukiskan semangat bertempur dan berkorban yang luar biasa di antara prajurit Amerika maupun Jepang yang rela menantang maut demi negaranya dalam perang.
'The fighting was the toughest the Marines ran across in one-hundred-sixty years--- Pertempuran ini adalah yang terberat yang pernah dilalui Marinir sepanjang 160 tahun.' Jenderal AS 'Howling Mad' Smith, Komandan Marinir di Pasifik."

Iseng-iseng sambil makan siang baca komik buatan Amerika ini. Salah satu Komik Sejarah Perang yang saya belikan untuk dibaca anak saya, Diqi, yang hobi dengan segala sesuatu berbau militer. Ternyata seru juga, membaca komik ini jadi menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah perang yang pernah terjadi. Menyaksikan prajurit yang terpaksa bertempur dengan keyakinan membela negara masing-masing. Dimana Amerika bermaksud merebut pulau Iwo Jima sebagai gerbang untuk masuk ke Jepang, sementara Jepang berusaha mati-matian mempertahakannya. Pernah melihat foto prajurit Amerika beramai-ramai mendirikan bendera? Dari pertempuran inilah foto tersebut diambil.
Jika ingin melihat versi filmnya dari sudut pandang Amerika, Flags of Our Fathers atau dari sudut pandang Jepang, Letters from Iwo Jima.

Nilai = 8/10
Pengarang  = Larry Hama
Gambar = Garry Erskine, Anthony Williams
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2008
Judul Asli = Island of Terror: Battle of Iwo Jima
Jenis = Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment