Sunday, April 27, 2014

URBAN LEGENDS





"Pocong termasuk salah satu cerita rakyat yang cukup terkenal di Indonesia, tapi sebenarnya masih banyak lho cerita temen-temen pocong yang lain. Komik ini menyajikan cerita-cerita rakyat dengan cara yang menyenangkan, asyik, dan juga garing. Kompilasi komik yang dikerjakan oleh sebelas orang seniman komik Indonesia."

Sebelumnya pernah membaca komik KOMPOR series yaitu New Local Hero dan hasilnya tidak begitu memuaskan karena tidak konsisten lucunya alias kebanyakan yang garing. Untuk komik ini pun saya tidak mengharap banyak yang penting ingin menghabiskan malam sambil membaca bacaan yang ringan-ringan. KOMPOR kali ini mengambil tema Urban Legends yaitu legenda cerita misteri rakyat yang telah lama berkembang. Dikemas dengan cover yang sangat bagus dan lux berupa gambar dan tulisan judul yang timbul.
Berikut 11 cerita diantaranya:
- Wewe Gombel - Billy Lukmaryo
- Wewe Gombel - Dody Y.W
- Kera Senja - Hasan Arifin
- Siomay E.T. - Irvan Tauramdhanny
- Lemot dan Tuyul - Ni Ketut Oktabayuna
- Misteri Gerobak Hantu - Miki Nomala
- Hantu Anak Kecil - Mohammad Prasetyo
- Jenglot - Nova Maulana
- Hantu Carla - Rudi Pratama Angel
- Ghost Train Express - Tubagus Maulana Yusuf
- Ghost Recon - Mochammad Yusuf Riantho
Selesai membaca keseluruhan komik didalamnya ternyata semua ceritanya bisa menghibur. Apresiasi untuk semua komikusnya. Walaupun ada bagian yang garing tapi masih dalam porsi yang bisa diterima alias tidak kebanyakan. Lucu melihat kisah Wewe Gombel bergosip, lalu ada Wewe Gombel palsu, tingkah Dwuri yang pede habis di Kera Senja, balasan orang jahil di Siomay E.T, Lemot yang selalu apes di Lemot dan Tuyul, pencuri sial di Misteri Gerobak Hantu, Dani yang dikejar-kejar hantu anak kecil, Jenglot yang seharusnya benda kramat tapi malah didandani ala boneka, hantu Carla yang ngerjain si Inyong, Donny yang ketakutan naik kereta dan yang terakhir peserta pertandingan Air Softgun yang tidak sengaja melihat 'sesuatu'. KOMPOR yang ini sukses meredakan kepala pusing saya menjelang tidur.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Billy Lukmaryo, Dody Y.W, Hasan Arifin, Irvan Tauramdhanny, Ni Ketut Oktabayuna, Miki Nomala, Mohammad Prasetyo, Nova Maulana, Rudi Pratama Angel, Tubagus Maulana Yusuf, Mochammad Yusuf Riantho
Gambar = Billy Lukmaryo, Dody Y.W, Hasan Arifin, Irvan Tauramdhanny, Ni Ketut Oktabayuna, Miki Nomala, Mohammad Prasetyo, Nova Maulana, Rudi Pratama Angel, Tubagus Maulana Yusuf, Mochammad Yusuf Riantho
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Mizan
Tahun terbit di Indonesia = 2013
Jumlah Halaman = 200
Jenis =  Comedy
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment