Monday, April 28, 2014

LANFEUST OF TROY





"Troy adalah dunia menakjubkan. Berkat para tetua Eckmul yang menyalurkan sihir keseluruh desa. Setiap orang memiliki satu kekuatan yang unik. Mulai dari yang tidak berbahaya, berguna, konyol atau menakutkan."

Kejutan dari Level dengan membawa masuk sebuah komik berbahasa Perancis yang berjudul Lanfeust of Troy ke Indonesia. Saya sendiri tidak menyangka ketika menemukan komik ini dan langsung terpikat setelah melihat gambar sampulnya yang rame dimana Lanfeust sedang dikeroyok oleh pasukan lawan dengan membawa pedang, tombak dan kapak.
Cerita komik ini mengambil tempat di sebuah dunia bernama Troy. Dunia yang sepintas mirip dengan abad pertengahan. Tapi Troy dipenuhi dengan berbagai macam elemen fantasi seperti Sihir, Naga, Troll dan binatang-binatang aneh lainnya. Bermula dari sebuah desa bernama Glinin. Di sana tinggal Lanfeust, pemuda yatim piatu yang sedang belajar menjadi seorang pandai besi. Suatu hari Lanfeust menerima tugas memperbaiki pedang milik Ksatria Azur Emas. Pedang tersebut tiba-tiba beresonansi dengan dirinya hingga membuatnya kaget dan terjatuh kedalam tungku peleburan logam. Ajaibnya Lanfeust tidak mendapat luka bakar sedikit pun dan membuat heran penduduk desa. Nicolede, tetua desa menyimpulkan kalau Lanfeust telah mendapatkan kekuatan sihir absolut dari gagang pedang yang terbuat dari gading Magohamoth, hewan mistis sumber kekuatan sihir. Untuk menyelidiki lebih lanjut, Nicolede memutuskan untuk membawa Lanfeust ke kota Eckmul untuk bertemu para cendikiawan disana. Di dalam perjalanan baru disadari jika kekuatan sihir absolut tidak bisa dikeluarkan tanpa bersentuhan dengan pedang gading Magohamoth. Kekuatan yang dahsyat itu juga menarik perhatian Thanos, perompak jahat yang memiliki kemampuan teleportasi dan peka terhadap kekuatan Magohamoth.
Komik ini memiliki ukuran yang lebih besar dari komik Jepang dan semua halamannya berwarna. Sedangkan untuk masalah gambar sangat bagus khas komik Eropa. Adegan pertarungan digambarkan sadis dengan menampilkan beberapa anggota tubuh yang terpotong. Cerita petualangannya cukup seru tapi gaya penceritaan komik ini tidak mengalir seluwes komik Jepang. Balon-balon cerita didalamnya terkadang saya tidak mengerti maksudnya. Disarankan membaca komik ini pelan-pelan saja dan lebih fokus. Saya sendiri jika bertemu dengan sesuatu yang membingungkan segera kembali mengulang ke halaman sebelumnya.
Komik Lanfeust of Troy ini terdiri dari 8 jilid yang harus dibaca berurutan. Berikut diantaranya.
- Gading Magohamoth
- Thanos si Pengacau
- Kastil Azur Emas
- Paladin dari Eckmul
- Getaran Peramal
- Permaisuri Cixi
- Petaur Menghindari Kematian
- Makhluk Luar Biasa
Dalam mencari kekuatan sihir absolut Magohamoth, Lanfeust ditemani oleh beberapa karakter. Berikut sedikit detil dari karakter tersebut.
- Guru Nicolede, tetua desa yang bijak dan memiliki kemampuan sihir yang hebat.
- C'ian, tunangan Lanfeust, anak perempuan Nicolede yang memiliki kemampuan sihir penyembuh luka tapi hanya bisa dilakukan di malam hari.
- Cixi, anak perempuan Nicolede yang sering membuat masalah karena siftatnya yang vulgar dan nakal. Memiliki kemampuan sihir mengubah air menjadi es atau uap.
- Hebus, sebenarnya dia adalah Troll yang sangat kuat, ganas dan menakutkan. Tapi berkat mantera dari Nicolede, Hebus menjadi teman seperjalanan yang menyenangkan.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Christope Arleston
Gambar = Didier Tarquin
Jumlah Buku = 8 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2011 - 2012
Judul Asli = Lanfeust de Troy
Jenis =  Adventure, Fantasy
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment