Thursday, March 13, 2014

TOWN BOY





"Ketika berumur sepuluh tahun aku sudah jadi seorang anak kota. Aku ini lahir di kampung. Tetapi saat umurku sepuluh tahun, aku pergi ke Ipoh untuk melanjutkan pelajaran dan tinggal pula di asrama milik sekolah. Aku sangatlah suka kota Ipoh---kota terbersih di Malaysia. Saat umutku tiga belas tahun, aku sudah tahu semua jalan di kota itu. Aku sering membawa adikku, Rahman, ke kota tiap hari Sabtu dan kami hanya berjalan-jalan saja. Hiruk pikuk di kota membuatku terkagum-kagum. Hal ini sangat jauh beda dengan hari-hariku di kampung."

"Town Boy merupakan lanjutan dari Kampung Boy (Budak Kampung). Seperti judulnya, kali ini Lat kembali hadir dalam komik autobiografi yang menceritakan kehidupannya di kota Ipoh. Lat menghabiskan masa remajanya sebagai anak kota yang gaul dan memiliki banyak teman. Kehidupan remaja, pergaulan, serta pergulatannya dalam menentukan cita-cita pun dituangkan dalam gambar-gambar yang jenaka. Buku ini pertama kali di terbitkan di Malaysia tahun 1980."

Komik ini merupakan lanjutan dari komik Kampung Boy karya komikus negara jiran kita, Datuk Muhammad Nor Khalid atau yang lebih dikenal dengan nama Lat. Kalau Kampung Boy sebelumnya menceritakan masa kanak-kanak Lat kali ini Town Boy menceritakan masa remaja Lat selama tinggal di Ipoh. Lat hanya tinggal 1 tahun saja di asrama sekolah, setelah itu keluarganya menyusul untuk pindah ke Ipoh. Betapa Lat sangat terkagum-kagum dengan hiruk pikuk kota yang berbeda jauh dengan hari-harinya di kampung dahulu. Di sekolah, Lat bersahabat dengan Frankie, siswa keturunan Cina anak dari pemilik kedai kopi. Frankie memperkenalkan Lat dengan Radiogram pemutar piringan hitam yang saat itu merupakan barang mewah. Setelah itu mereka menjadi sahabat karib. Lat dan Frankie sering berdiskusi dan persahabatan mereka terus berlanjut sampai ke sekolah tingkat atas.
Sama dengan Kampung Boy, Town Boy disajikan Lat dengan gambar yang jenaka dan cerita yang mengalir serta nyaman untuk dibaca. Ceritanya berkisar tentang persahabatan Lat, peristiwa dan kegiatan yang dihadapi Lat di sekolah sampai kegelisahan Lat dan sahabatnya menghadapi masa depan mereka. Selain melihat kehidupan Lat, pembaca juga disajikan dengan suasana dan sudut-sudut kota Ipoh yang menarik.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Lat
Gambar = Lat
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Jenis = Biography, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment