Thursday, August 22, 2013

MANTRA





"Seorang pelukis muda yang sukses, Ratri, berjuang untuk menemukan jati dirinya di dalam komunitas seni dan keluar dari bayangan mentornya. Upaya ini membuatnya depresi, sampai dia menemukan sebuah mantra kuno. Apakah mantra ini akan membantu Ratri untuk mendapatkan keinginannya atau akan membuat dia terjebak dalam sebuah dunia yang tidak diketahui?'

"Mantra merupakan perpaduan yang indah antara gambar dan narasi. Saya terkesan dengan warna-warnanya yang lebut, terutama halaman-halaman tanpa dialog saat memasuki dunia lain. Sangat impresif! Selama membaca buku ini, saya merasa sangat nyaman, seolah ada nuansa atau perasaan yang menenangkan. Saya juga suka dengan dialog-dialognya.
- Fusami Ogi
Asociate Professor, Chikushi Jogakuen University, Japan"

Komik ini merupakan salah satu karya komikus lokal yang layak diacungkan jempol. Dikemas dengan cover yang terkesan lux dengan huruf dan gambar timbul yang menawan. Gambarnya memiliki ciri khas tersendiri seperti lukisan air yang teduh dengan dominasi satu warna bergantian. Coklat kemudian biru dan kembali coklat. Ceritanya sederhana namun bisa memberikan inspirasi bagi pembacanya.
Tokoh utama komik ini adalah Ratri Ratnaningtyas, pelukis pendatang baru yang sukses dan sudah bisa melaksanakan pameran tunggal. Sayangnya hasil karyanya disamakan dengan teknik pelukis senior bu Wid menjadikan karyanya tidak memiliki ciri khas tersendiri. Perkenalannya dengan bu Wid memberinya kesempatan untuk melakukan pameran bersama.
Pameran ini merupakan pembuktian bagi dirinya agar tidak dicap mengikuti gaya teknik bu Wid. Namun selama persiapan Ratri tidak berkembang dan tidak menemukan apa yang dia inginkan. Hal itu membuatnya dirinya semakin depresi. Atas saran bu Wid, Ratri diminta untuk sejenak refreshing.
Ratri pergi mengunjungi rumah sahabatnya Jan untuk beristirahat. Di dalam kamar yang disediakan untuknya Ratri menemukan sebuah buku kuno dan mulai membacanya. Tanpa disadari Ratri, isi buku tersebut berupa mantra yang membawa dirinya ke sebuah tempat yang asing. Saat tersadar Ratri berada di sebuah padepokan tari dan bertemu dengan seorang pemuda bernama Rangga. Persahabatannya dengan Rangga memberinya pelajaran berharga dan jawaban yang selama ini dia cari.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = R. Amdani
Gambar = Azisa Noor
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = CV Curhat Anak Bangsa
Tahun terbit di Indonesia = 2011
Jenis = Slice of Life, Supernatural
DQ Review Komik



Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment