Monday, March 23, 2015

MAIL GIRLFRIEND





"Kakeru dan Haruka jadian di forum internet. Tapi saat bertemu secara langsung, harapan mereka buyar seketika! Apakah pasangan online memang tak boleh bertemu di dunia nyata?"

"Di F.I.L. GATE, orang bisa menemukan apa saja secara onine, termasuk pacar! Pasangan Kakeru dan Haruka yang pacaran online, ribut hebat karena beda pendapat soal navigator keamanan F.I.L. GATE. Di saat genting itu, Kakeru bertemu dengan Myuu..."

Tokoh utama komik ini adalah 2 siswa SMU Nishi yaitu Shinjou Kakeru dan Arai Haruka. Keduanya saling berhubungan melalui sarana Mesenger di Fil Gate dan sudah 6 bulan jadian sebagai pacar online. Kakeru baru menyadari jika Hal, id pacar onlinenya adalah Haruka, siswi sekelasnya yang kasar dan suka berantem. Sampai akhirnya mereka mengadakan janji bertemu dan hasilnya Kakeru dihajar oleh Haruka karena Haruka tidak menyangka pacar onlinenya adalah Kakeru, siswa yang sama kasarnya dan suka berantem juga. Walaupun begitu mereka masing-masing menyimpan rasa suka hanya saja tidak bisa menyampaikan secara langsung. Mereka tetap berkomunikasi degan cara mengirim pesan lewat HP. Kakeru dan Haruka kemudian dikenal sebagai pasangan preman atau pasangan penghancur dari SMU Nishi karena sifat mereka yang suka membela kebenaran dengan cara kekerasan. Takeda Naoki dari Fil Eye tertarik dengan kemampuan mereka dan berniat merekrut Kakeru dan Haruka sebagai navigator, detektif cyber yang bertugas membersihkan 'bug' untuk menjaga ketertiban Fil Gate. Haruka bersemangat sekali ingin menjadi navigator tapi Kakeru tidak setuju karena tidak ingin Haruka terluka karena tugas sebagai navigator yang beresiko. Karena beda pendapat masalah inilah akhirnya hubungan Kakeru dan Haruka menjadi renggang.

Komik ini ternyata memiliki cerita yang lebih dari ekspetasi saya. Begitu menghibur dan memiliki beberapa kelucuan-kelucuan. Temanya masih segar yaitu pacaran online, dari sana berkembang ke peristiwa lain yang terjadi di dunia maya sosial media beserta dampaknya ke dunia nyata. Ada pihak-pihak yang memanfaatkan kegiatan online di Fil Gate untuk kegiatan negatif seperti penjualan narkoba, penipuan kencan, pornografi anak, penipuan barang lelang sampai pemalsuan barang. Tugas navigator-lah yang menyelidiki kegiatan-kegiatan ilegal itu dan menghilangkannya dari Fil Gate. Tugas navigator lainnya adalah mengawasi kegiatan-kegiatan yang mungkin menimbulkan keributan salah satunya ketika terjadi pertemuan antara penggemar game konsol yang lokasinya berdekatan. Mereka saling menyerang dan membanggakan konsol game masing-masing. Selain itu masih ada lagi kejadian-kejadian menarik dari komik ini.
- Kisah cinta segitiga antara Kakeru, Haruka dan Myuu yang sering kali menimbulkan kelucuan.
- Kakeru yang di luar dugaan walau kasar tetapi jago dalam menulis rayuan dalam pesan online. 
- Yoshida Ryota, 18 tahun, user Fil Gate yang terobsesi untuk memenangi lelang kencan bersama Aira, cewek cantik yang diincarnya sejak lama. Tapi karena 'salah pencet', uang yang dikumpulkannya selama ini melayang untuk kencan dengan cewek lain bernama Kokoro.
- Identitas sebenarnya Aira, cewek cantik yang suka menipu teman kencannya adalah <sensor>.
- Kekuatan komunitas online yang mengerikan jika dipakai untuk menyerang. Salah satunya adalah forum ibu-ibu yang sudah berkeluarga yang dijuluki sebagai forum 'Iblis Betina'.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Towa Oshima
Gambar = Towa Oshima
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2011 - 2012
Judul Asli = Melkano
Jenis = Comedy, Romance
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment