Thursday, December 4, 2014

DARI PRESIDEN KE PRESIDEN: KARUT-MARUT EKONOMI (BUKU2)





"Sepanjang 1998-2009 berjibun peristiwa sosial-politik-ekonomi sampai bencana yang mewarnai Tanah Air. Benny Rachmadi dari duo Benny dan Mice merekam peristiwa-peristiwa yang penting dalam bentuk kartun opini untuk Mingguan & Harian Kontan. Setelah kartun-kartun itu yang jumlahnya mencapai 700-an dipilih-pilih dan disusun sebagai 'cerita', hasilnya adalah Dari Presiden ke Presiden. Buku jilid dua ini merekam karut-marut ekonomi Indonesia. Jilid pertama merekam tingkah-polah elite politik kita."

Komik ini merupakan buku ke-2 dari komik Dari Presiden Ke Presiden. Untuk melihat seperti apa jilid pertamanya bisa langsung klik ke sini. Sesuai dengan judulnya komik ini menampilkan guyonan, sindiran ala Benny terhadap karut marutnya ekonomi. Dikumpulkan dari karun opini yang terbit di Mingguan dan Harian Kontan sejak 1998 sampai 2009. Kelucuan-kelucuan disini oleh Benny dikelompokkan dalam 9 bagian. Mulai dari 'Yang Terjepit dan Yang Tetap Bergaya' sampai yang terakhr 'Sehabis Pemilu'. Pembaca diperlihatkan bagaimana tingkah laku rakyat dan elite politik dalam menyikapi kejadian-kejadian ekonomi. Contohnya elit politik yang digambarkan sudah mengaku mengurangi beban rakyat padahal beban rakyat masih sangat besar. Kemudian gaya hidup masyarakat yang tidak sesuai karena pola hidup konsumtif di tengah kenaikan harga. Ada juga hilangnya peredaran gas elpiji yang membuat ibu-ibu kebingungan yang digambarkan dengan permainan petak umpet. Sedangkan untuk tingkah laku presiden tidak sebanyak di jilid pertama tapi tetap ada seperti SBY yang digambarkan deg-degan saat hendak menaikkan BBM. Selain itu semua masih banyak lagi kelucuan-kelucuan lain yang bisa ditemukan dalam komik setebal 270 halaman.
Bukan rahasia lagi kalau saya sudah menjelma menjadi penggemar berat karya-karya Benny termasuk serial Dari Presiden ke Presiden ini. Pastinya saya selalu merekomendasikan karya-karya Benny kepada pengunjung blog sebagai bacaan penyegar pikiran. Dijamin, jika tidak lucu maka uang kembali. Tapi minta uang kembalinya langsung ke Benny saja, jangan ke saya.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Benny Rachmadi
Gambar = Benny Rachmadi
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = KPG
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Jumlah Halaman = 270
Jenis = Comedy, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment