Friday, May 2, 2014

FUJIKO.F.FUJIO





"Fujimoto Hiroshi adalah anak yang pemalu dan pendiam. Ketika teman-temannya asyik bermain, dia justru sibuk menggambar. Pertemuan penting pertamanya adalah dengan Abiko Motoo yang juga suka menggambar. Pertemuan kedua dengan Tezuka Osamu, komikus legendaris , membuat Fujimoto semakin bulat tekadnya untuk menjadi seorang komikus. Awal karirnya sebagai komikus profesional dimulai di Pondok Tokiwa. Fujimoto dan Abiko mendapat dukungan yang besar dari teman-teman sesama komikus di Pondok Tokiwa. Dalam perjalanan karirnya bersama Abiko, Fujimoto banyak melahirkan karya bersama dengan nama pena Fujiko Fujio. Setelah 34 tahun berkarya dalam satu nama pena, Fujimoto dan Abiko memutuskan untuk berpisah dan berkarya sendiri-sendiri. Fujimoto kemudian menggunakan nama pena Fujiko.F.Fujio dan melahirkan banyak tokoh komik yang menjadi bintang dunia dan kesayangan anak-anak, termasuk Doraemon."

Inilah dia Fujimoto Hiroshi sang pencipta tokoh komik terkenal Doraemon, robot kucing yang datang dari abad 22 yang memilki kantung ajaib. Komikus Doraemon yang mewujudkan impian seluruh anak di dunia.
Foto Fujimoto
Dalam komik ini diceritakan kisah hidup Fujimoto Hiroshi, bagaimana Fujimoto berjuang dari nol dalam menulis komik. Saat kecil dalam keluarga yang mendukung Fujimoto menggambar adalah sang ibu sedangkan sang ayah sangat menentang  Selain sang ibu ada 2 orang yang juga ikut berpengaruh dalam hidup Fujiko selama berkarya yaitu Abiko Motoo, sahabat sejak dari SD yang memiliki hobi yang sama. Persahabatannya dengan Abiko membuat Fujiko semakin termotivasi dalam berkarya. Mereka berdua memutuskan bekerja sama dengan menggunakan nama pena Fujiko Fujio yang merupakan gabungan nama antara Fujimoto dan Abiko. Satunya lagi adalah Tezuka Osamu, bapak manganya Jepang, karya-karya Tezuka Osamu memberikan inspiratif bagi Fujimoto dan Abiko untuk menjadi komikus profesional selain itu Tezuka Osamu juga ikut memberi semangat dan bantuan kepada Fujimoto dan Abiko. Setelah menghasilkan karya bersama seperti Obake no Qtaro (Little Ghost Qtaro) dan sempat mengalami jatuh bangun, Fujimoto dan Abiko memutuskan untuk berpisah dan membuat karya sendiri-sendiri. Fujimoto melanjutkan karyanya dengan memakai nama pena Fujiko.F.Fujio. Tahun 1969, Doraemon pertama kali terbit. Cerita Doraemon, kucing robot yang datang dari abad 22 untuk membantu Nobita, anak SD yang malas semakin terkenal karena ceritanya yang lucu dan mengandung pelajaran. Kepopulerannya melanda Jepang dan semakin populer dengan dibuatkan animenya di TV. Tahun 1982, Fujimoto menerima penghargaan komik Shogakukan untuk kategori anak-anak. Tidak hanya di Jepang, kepopuleran Doraemon menyebar ke seluruh dunia. Tanggal 22 September 1996, dalam usianya yang semakin senja Fujimoto Hiroshi meninggal dunia dengan tenang.
Karakter-karakter ciptaan Fujimoto

Saya yakin orang Indonesia banyak yang mengenal tokoh komik / animasi Doraemon yang begitu populer ini, tapi apakah tahu asal usul komik Doraemon dan latar belakang penciptanya. Untuk mengetahuinya bisa didapat dari membaca komik ini. Saya sendiri sudah rajin menonton anime Doraemon disaat masih duduk di bangku SMP. Waktu itu masih tinggal di Banjarmasin dan tidak ada siaran RCTI disana kecuali memakai parabola. Solusinya numpang nonton di rumah teman. Kemudian keluarga saya pindah ke Meulaboh (Aceh Barat) dan memiliki parabola sendiri hingga bisa puas menonton anime Doraemon setiap minggunya. Sampai sekarang saya pun masih ngefans dengan Doraemon. Diqi, anak saya ketularan sifat yang sama yaitu suka baca komik termasuk komik Doraemon juga.
 
Aku sudah tinggi


Diqi bersama komik2nya termasuk Doraemon series
 
Nilai = 9/10
Pengarang  = Tetsuya Kurosawa
Gambar = Haruo Saito
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2012
Judul Asli = Gakushu Manga Jinbutsukan Fujiko.F.Fujio
Jenis =  Biography
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment