Wednesday, October 14, 2015

KURO MEMANGGUL PETI MATI





"Pengembara hitam tengah dalam suatu perjalanan. Pengembara berpakaian hitam dan membawa peti mati. Bersama dua anak kecil dan kekelawar teman seperjalanannya. Mencari penyihir di dunia yang luas ini. Sampai mana perjalanannya akan berlanjut?"

Tidak biasanya Elex menerbitkan komik dengan ukuran besar seperti ini. Biasanya M&C yang suka menerbitkan komik yang berukuran seperti ini. Tertarik dengan judulnya yang rada aneh yaitu Kuro Memanggul Peti Mati, akhirnya hari ini saya coba menyelesaikan komik 2 jilid ini. Cara membaca komik ini seperti membaca komik strip, dalam 1 halaman ada 2 panel yang dibaca dari atas ke bawah baru pindah ke panel sebelahnya. Awalnya sempat salah baca karena langsung loncat ke panel sebelah yang menmbuat ceritanya jadi nggak nyambung.
Komik ini bercerita tentang perjalanan anak perempuan yang meminta dipanggil sebagai Kuro (hitam). Berkelana sambil membawa peti mati dengan ditemani kekelawar bernama Sen juga 2 anak kecil yaitu Nijuku dan Sanju yang merupakan hasil eksperimen profesor yang sudah meninggal. Judulnya saja yang kelihatan menarik karena terkesan seram dan misterius tapi ternyata jalan ceritanya terasa biasa-biasa saja. Dalam 1 jilid dibagi dalam beberapa cerita pendek yang isinya lebih ke cerita-cerita ringan seperti menginap di penginapan ternyata ada pencuri yang masuk, menolong anak kecil yang tersesat, keluguan Nijuku dan Sanju yang merepotkan karena baru mengenal dunia luar sampai meladeni kakek-kakek yang suka membual. Ceritanya ada yang menyentuh tapi lebih banyak cerita yang biasa-biasa saja, ada yang bikin bingung juga ada yang membosankan. Sampai selesai jilid 2 tidak banyak penjelasan yang memuaskan tentang latar belakang Kuro. Apa penyebab dia mencari penyihir hitam? Siapa sebenarnya Sen, sang kekelawar? Komik ini di Indonesia sudah terbit dalam 2 jilid dan setelah itu berhenti lama karena di Jepang-nya juga macet. Terakhir kabarnya komik ini sudah terbit sampai jilid 5 di Jepang dan itu pun masih belum tamat.

Nilai = 7.5/10
Pengarang  = Satoko Kiyuduki
Gambar = Satoko Kiyuduki
Jumlah Buku = 2 (stop terbit di Indonesia, di Jepang sudah no 5)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Judul Asli = Hitsugikatsugi no Kuro
Jenis = Adventure, Fantasy
DQ Review Komik 


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment