Sunday, April 26, 2015

OLE!





"Membangun kota adalah impian Junji Nakajima, seorang pegawai balai kota di kota Kazusa yang sepi. Namun tiba-tiba saja dia ditugaskan menjadi penerjemah untuk pemain dari Jerman di klub sepak bola kota, klub Kazusa Ole. Sayangnya, semua nggak berjalan lancar karena tim tersebut sangat payah. Dia pun bertekad untuk memperkuat Kazusa Ole dan membangun kembali kota yang kehilangan semangatnya! Bagaimanakah perjuangan Junji Nakajima untuk mewujudkan mimpinya?"

"Junji Nakajima yang bekerja di kantor walikota Kazusa memiliki impian yang besar. Impian itu adalah membangkitkan kembali kota Kazusa yang kehilangan gairah. Dia yang ditugaskan ke klub sepak bola lokal, Kazusa Ole, bermimpi menjadikan klub ini sebagai klub ternama di liga Jepang. Tapi, klub ini miskin dan lemah, serta terancam turun dari divisi 2 ke liga amatir. Pada pertandingan ke-30 melawan Tokyo Green Bell, Kazusa Ole memakai pemain asing baru, Lene Wolfgang sebagai start member..."

Tokoh utama komik ini adalah Junji Nakajima, seorang pegawai negeri yang tiba-tiba ditugaskan membantu sebuah klub sepak bola lokal, Kazusa Ole selama 1 tahun. Tugasnya sebagai penerjemah bahasa Jerman karena dalam waktu dekat akan datang pemain sepak bola Jerman, Lene Wolfgang, 35 tahun yang diperbantukan untuk mengangkat prestasi klub Kazusa Ole. Junji tidak bisa menolak tugas tersebut karena sewaktu kuliah dia pernah memilih Jerman sebagai bahasa asing pilihan kedua. Akhirnya walau tidak mengerti sepak bola, Junji mulai bekerja di klub Kazusa Ole. Tidak hanya sebagai penerjemah, Junji juga diminta membantu apa saja seperti mengangkat papan sponsor dan mengatur para suporter. Atmosfer pengalaman baru yang belum pernah dirasakan membuat Junji bersemangat menjadikan klub Kazusa Ole menjadi Real Madrid dari timur. Semangat yang membuat dirinya dianggap bodoh mengingat kondisi klub Kazusa Ole yang sedang krisis karena mengalami banyak masalah.

Bongkar-bongkar timbunan dan ketemulah komik 5 jilid ini, Ole!, komik dengan tema sepak bola yang berbeda dengan komik sepak bola yang pernah saya baca sebelumnya. Ceritanya cukup seru dan bikin penasaran tidak kalah dengan komik sepak bola lainnya. Biasanya kalau komik bola berfokus kepada aksi para pemainnya namun di komik Ole! ini lebih berkutat kepada permasalahan yang dihadapi oleh sebuah klub sepak bola. Bagaimana cara membangkitkan klub sepak bola yang sudah kehilangan gairah, terpuruk dan terancam degradasi. Junji yang semula hanya bekerja sebagai penerjemah semakin lama semakin terlibat dalam penyelesaian masalah klub. Masalah-masalah tersebut menjadi tantangan bagi Junji dalam mencari cara terbaik untuk menyelesaikannya. Kedatangan pemain Jerman, Lene Wolfgang tidak serta merta bisa memberi kemenangan karena Lene termasuk pemain yang dianggap karirnya sudah tamat dan hanya ingin mencari tambahan uang di Jepang. Selain itu klub kekurangan dana karena satu persatu sponsor mulai mundur disebabkan prestasi klub yang tidak kunjung membaik. Fasilitas tempat latihan yang buruk dan tidak layak serta mental pemain yang terus menurun setelah menerima kekalahan beruntun. Junji bersama dengan orang-orang yang peduli terhadap klub Kazusa Ole mencari ide dan berkerja keras untuk mengubah nasib klub Kazusa Ole. Seperti mencari tambahan dana dari para sponsor dan suporter, mendekatkan klub Kazusa Ole dengan penduduk kota Kazusa dan mencoba menarik investor ke kota Kazusa.
Dapatkah aksi Junji dan para sahabatnya menyelamatkan klub sepak bola Kazusa Ole yang sedang berada di ujung tanduk ini?  Tetap bertahan di divisi 2 atau turun ke liga amatir?

Nilai = 9/10
Pengarang  = Tatsuki Nohda
Gambar = Tatsuki Nohda
Jumlah Buku = 5 (tamat)
Penerbit = Level
Tahun terbit di Indonesia = 2010
Jenis =  Sports
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. Hello there ��
    Sy mau berterima kasih buat penulis blog ini, karena reviewnya sering bgt jadi dasar buat beli2 komik yang agak lawas hehehe.
    x I hope you have a really really great life x

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 bro / sis.. sering2 mampir ke blog ini..

      Delete