Friday, June 1, 2012

KOMIK AKU TAHU - PERADABAN MAYA YANG HILANG





"Di pedalaman hutan Meksiko, tiba-tiba muncul piramid yang terbuat dari batu, peninggalan peradaban Maya. Apakah sebenarnya peradaban Maya itu. Apakah hubungan piramid tersebut dengan piramid di Mesir? Ayo kita pecahkan misteri peradaban Maya bersama tiga sekawan! Let's go!"

John Lloyd Stephens bersama rekannya Frederick Catherwood pada tanggal 3 Oktober 1839 berlayar dari pelabuhan New York menuju Honduras, lalu berganti dengan kapal uap menuju hutan pedalaman Maya. Mereka berdua menyewa penduduk setempat, dan melanjutkan perjalanan menuju hutan Maya dengan berjalan kaki. Akhirnya mereka tiba di tempat tujuan pertama yaitu Copan. Dalam waktu 2 minggu, mereka berdua berhasil mendokumentasikan reruntuhan Copan. Tahun berikutnya 1840, mereka memasuki wilayah Guatemala menuju Palenque di Meksiko. Betapa takjubnya mereka ketika melihat begitu besarnya reruntuhan Palenque. Mereka berdua segera melakukan eksplorasi dan mendokumentasikan reruntuhan Palenque selama beberapa minggu. Berkat Stephens dan kawan-kawannya yang memperkenalkan peradaban Maya, para arkeolog setelahnya silih berganti mulai melakukan penelitian dan berhasil memecahkan misteri dibalik peradaban tersebut.

Membaca serial Komik Aku Tahu ini sangat mengasyikkan untuk dibaca oleh semua kalangan terutama untuk anak-anak. Penjelasannya digambarkan dengan ringan, lucu dan menarik khas kartun jepang membuat belajar terasa menyenangkan. 

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Takashi Yoichi
Gambar = Yoshikawa Yutaka
Jumlah Buku = 1 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Judul Asli = Manga Sekai Fushigi Monogatari 7. Jungle Ni Kieta Maya
Jenis = Historical, Science
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment