Friday, August 3, 2012

YAWARA





"Yawara Inokuma adalah seorang gadis remaja kelas 1 SMA. Ia senang  berjalan-jalan, berbelanja ke plaza, dan bergaya trendy. Kakeknya, Jigoro Inokuma, adalah penyandang DAN VII dan mantan juara judo nasional Jepang lima kali berturut-turut. Ia melatih Yawara sejak kecil dengan disiplin tinggi. Ia ingin Yawara menjadi juara nasional dan olimpiade. Yawara kadang-kadang sebal karena kakeknya sering mengusik rahasia dan acara pribadi rahasianya. Konflik ini terjadi karena sang kakek terlalu memaksakan keinginannya. Jigoro Inokuma ingin Yawara jadi apa yang diinginkannya. Sementara sang cucu ingin menjadi dirinya sendiri. Ia ingin bebas seperti gadis lain seusianya."

Yawara Inokuma mendadak dibuntuti oleh Kosaku Matsuda, wartawan koran olahraga Every Sports. Semua itu karena Yawara sebelumnya membanting seorang pencopet dengan Tomoe Nagenya. Matsuda merasa Yawara adalah bintang olahraga masa depan. Yawara yang ingin menjadi orang biasa saja merasa kesal dengan tingkah Matsuda yang mengganggu privasinya, apalagi ketika pulang ke rumah, sang kakek Jigoro Inokuma sudah menanti dirinya untuk berlatih Judo. Cita-cita sang kakek, Yawara harus bisa menjadi juara nasional dan olimpiade.

Komik karya Naoki Urasawa ini lain dari biasanya. Yang pernah saya baca biasanya lebih ke misteri, thriller, tapi yang ini lebih ceria, lucu dan fun. Bercerita tentang Yawara Inokuma yang sejak kecil sudah dididik berlatih judo oleh sang kakek Jigoro Inokuma. Tanpa disadari, Yawara sudah tumbuh menjadi seorang gadis yang kuat dalam berjudo. Dalam kesehariannya, Yawara ingin seperti teman-temannya yang suka berdandan, belanja dan punya pacar. Namun sang kakek dengan cueknya selalu mencampuri hal-hal yang bersifat pribadi, termasuk mengganti poster artis di kamarnya dengan poster atlit Judo :). Untuk menarik semangat Yawara bermain Judo, sang kakek mencari rival yang bisa menandingi Yawara yaitu Sayaka Honami, gadis kaya yang ambisius, berbakat dan hampir semua olahraga pernah dijuarainya kecuali Judo. Sayangnya komik ini hanya terbit sampai jilid 7 saja di Indonesia oleh Misurind yang seharusnya selesai sampai jilid 29. Mudah-mudahan ada penerbit lain yang mau menerbitkan ulang karya Naoki Urasawa yang satu ini.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Naoki Urasawa
Gambar = Naoki Urasawa
Jumlah Buku = 29 (tamat, di Indonesia hanya terbit sampai jilid 7 saja)
Penerbit = Misurind
Tahun terbit di Indonesia = 1993 - 1995
Jenis = Comedy, Drama, Sports
DQ Review Komik


Contoh Gambar

2 comments:

  1. dari komik yawara 4- tamat ada yg jual gc gan?

    ReplyDelete
  2. Jumlah jilid aslinya banyak ya? .__.
    Pegin baca!

    ReplyDelete