Thursday, June 14, 2012

THREE KINGDOM





"Di daratan Cina mulai muncul berbagai pemerintahan sehingga timbul kekacauan yang mengakibatkan banyak penduduk yang menderita. Muncul pula gerombolan yang terkenal dengan kekejaman dan ketangguhannya yaitu gerombolan pasukan Sanggul Kuning yang di pimpin oleh tiga kakak beradik, yaitu Chokaku, Choko dan Choryo yang berusaha menguasai hampir seluruh dataran Cina. Namun tidak semua rakyat menyukai perlakuan mereka. Karena itukah akhirnya mereka membentuk pasukan untuk memberontak pasukan Sanggul Kuning...."

"2000 tahun yang lalu, di daratan Cina muncul berbagai pemeritahan sampai akhirnya timbullah jaman 'Han' yang hampir tamat riwayatnya. Saat itu banyak sekali bencana alam dan kelaparan, hingga pada suatu hari muncullah serangan dari geromblan yang menamakan diri sebagai perkumpulan Sanggul Kuning yang dipimpin oleh tiga kakak beradik yaitu, Chohaku, Choho dan Choryo.
Mereka berusaha menguasai seluruh daratan Cina. Namun tidak semua rakyat senang dengan perkumpulan Sanggul Kuning. Karena itulah akhirnya para petani membentuk satu pasukan yang dipimpin Ryubi Gentoku dengan dibantu oleh Kan'u Uncho dan Chohi Yokutoku, untuk menumpas gerombolan Sanggul Kuning.
Bersama dengan pasukan Soso Motoku dan Sonken Bundai, Ryubi Gentoku berhasil menumpas Sanggul Kuning. Karena kemenangan inilah maka masing-masing pemimpin mendapatkan hadiah tanah kekuasaan. Sedangkan Ryubi Gentoku hanya mendapatkan hadiah tanah kekuasaan yang gersang."

"Cerita Three Kingdom menggambarkan sebagian kejadian pada era pergolakan negara bagian, yang memporak-porandakan Cina pada pertengahan milenium pertama sebelum masehi. Diharapkan kejadian-kejadian yang berlangsung saat itu dapat diambil hikmahnya sesuai dengan pemikiran-pemikiran bijak Sun Tsu, bahwa perang itu bersifat desktruktif bahkan bagi si pemenang pun, sering justru membawa hasil yang persis tidak diinginkan, dan hanya merupakan langkah yang masuk akal apabila tidak ada pilihan lain.
Alur cerita Three Kingdom membawa pesan bahwa kemarahan dan ketamakan adalah salah satu penyebab utama peperangan. Dan pada saat pertempuran hanya prajurit yang tidak emosional pandai menahan diri, tenang dan pandai menjaga jarak sajalah yang bisa mengatasi keadaan, bukan yang pemarah, yang selalu mencari kesempatan untuk membalas dendam, maupun yang memiliki ambisi mencari keuntungan.
Cerita klasik Three Kingdom juga mengajarkan kepada kita untuk tidak mencari kemenangan lewat berperang tetapi mengajarkan kebijakan untuk menang tanpa perang."

Komik ini diterbitkan oleh Elex sudah lama sekali dan memiliki ukuran yang tidak lazim, berbeda dengan komik Elex lainnya. Format 2 halaman dijadikan 1 halaman sehingga ukuran komik menjadi lebih lebar. Cerita komik ini tetap menarik untuk diikuti, hanya saja pembaca harus membiasakan diri membaca dengan nama-nama karakter-karakter Three Kingdom dengan nama-nama Jepang. Seperti Ryubi Gentoku = Liu Bei, Kan'u Uncho = Guan Yu, Chohi Yokutoku = Zhang Fei, Soso Motoku = Cao Cao, Shokatsu Komei = Zhuge Liang, Choun Shiryu = Zhao Yun.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Mitsuyshi Sonoda, Sentaro Kubota
Gambar = Mitsuyshi Sonoda, Sentaro Kubota
Jumlah Buku = 8 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 1992 - 1993
Judul Asli = Sangokushi 
Jenis = Drama, Historical
DQ Review Komik


Contoh Gambar

7 comments:

  1. Replies
    1. Sudah susah mencarinya karena terbitan lama. Coba saja berburu di FJB Kaskus atau ke Blok M Square, gudangnya komik2 bekas..

      Delete
  2. Mau tanya karakter ten i,ukin,kakoton,jun'iku,dan bijiku nama asli chinanya sapa?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya karakter ten i,ukin,kakoton,jun'iku,dan bijiku nama asli chinanya sapa?

    ReplyDelete
  4. Download komik hasil scannya di mana ya gan?

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah nemu ada yang jual di kaskus. Tapi harganya mahal banget. 300 ribu untuk 8 buku. Meskipun rare items, tapi kemahalan kalo menurut saya

    ReplyDelete