Friday, June 8, 2012

DR SAKURA





"Sakura seorang dokter aktif yang memiliki sebuah klinik hewan. Meskipun tugas utamanya menyembuhkan penyakit hewan, ia juga tidak pernah melupakan hati sang pemilik hewan. Demi mempertahankan kasih sayang antara manusia dan piaraannya serta kehangatannya, hari ini pun Sakura berusaha bekerja keras..."

Sakura Kakinuma, dokter hewan yang sudah 5 tahun membuka klinik hewan di tengah perumahan kota Tokyo. Saat ini tinggal berdua dengan anak perempuannya Momo Kakinuma, 5 tahun, karena suaminya Hiroki Kakinuma sedang dinas dan tinggal di Hokkaido.
Sepulang membawa Momo dari dokter anak, Sakura mendapati seekor kucing bernama Lulu sengaja dibuang didepan kliniknya. Selang beberapa hari pemilik aslinya yang bernama Yuri datang dengan ragu-ragu. Sakura segera memanggilnya dan mengajak bicara. Yuri lalu menjelaskan alasan kenapa dia membuang kucing tersebut. Karena dirinya sedang hamil dan keluarganya khawatir dengan penyakit Toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran yang bisa ditularkan melalui kotoran kucing atau dari daging babi mentah. Sakura menjelaskan kepada Yuri bahwa kemungkinan terkena penyakit Toksoplasma sengat kecil dan menyarankan membersihkan kotoran kucing dengan memakai sarung tangan plastik setiap hari, cuci tangan sebelum makan, menjaga pola dan aturan makan untuk mencegah penyakit tersebut. Mendengar penjelasan Sakura, Yuri berjanji selamanya akan menjaga Lulu.

Komik ini bercerita tentang Sakura, seorang dokter hewan yang mengelola klinik hewannya sendiri. Masalah yang datang sehari-hari tidak hanya dari penyakit yang diderita hewan, tetapi juga dari tingkah laku pemilik hewan juga dari anaknya sendiri Momo. Cerita komik ini lumayan menghibur, ringan dan hangat penuh kekeluargaan. Pembaca disajikan tingkah laku hewan yang lucu juga penderitaan hewan yang sakit, rasa sedih karena ditinggal hewan yang telah bertahun-tahun bersama.

Nilai = 8.5/10
Pengarang  = Kanan Takamura
Gambar = Kanan Takamura
Jumlah Buku = 3 (tamat)
Penerbit = Elex Media
Tahun terbit di Indonesia = 2002
Judul Asli = Dr. Sakura no Doubutsu Karte 
Jenis = Drama, Slice of Life
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment