Friday, May 25, 2012

SHOWA MAN





"Shigeo Minoura seorang pria generasi Showa yang keras, galak serta cerewet pada istri dan anaknya tapi sangat lembut pada cucunya. Perbedaan cara pandang dan gaya hidup antara dia dan putrinya kerap mewarnai kehidupan mereka sehari-hari, mulai dari makanan sampai pendidikan cucu semata wayangnya. Bagi sang kakek, apapun jamannya nilai-nilai tradisional Jepang harus ditegakkan!"

"Shigeo Minoura seorang pembuat Tatami, harus menghadapi keadaan sekelilingnya yang makin berubah seiring perkembangan jaman. Kemuculan Takahisa, mantan penari balet yang slebor dan playboy, membuatnya terpanggil mengembalikan si pemuda ke jalan yang benar, jadi lelaki Jepang sejati. Kakek Shiego begitu yakin, Takahisa bisa jadi pria bertanggung jawab. Keyakinan sang kakek diuji saat mendapati kenyataan pemuda itu malah menghilang dengan membawa uangnya."

Komik ini terdiri dari 2 jilid dan setiap bukunya lebih tebal dari komik biasanya. Bercerita tentang Shigeo Minoura seorang kakek pembuat Tatami yang memegang teguh adat tradisi Jepang. Seiring perkembangan jaman, banyak hal-hal yang berubah di sekitarnya. Cara pandang Shigeo yang keras terkadang membawa dirinya kedalam masalah baru, namun sebagai pria generasi Showa yang memegang teguh janji, Shigeo menghadapinya dengan caranya sendiri.
Tinggal bersebelahan dengan Etsuko anak perempuannya membuat Shigeo sangat dekat dengan Rintaro cucunya. Dari sinilah dimulai kelucuan-kelucuan Shigeo menemui hal-hal baru yang dianggapnya tidak sesuai dengan pemikirannya, mulai dari sekolah cucunya, kursus bahasa inggris dan juga kursus balet. Sampai dia bertemu Takahisa Ninomiya, seorang ayah yang bersikap seenaknya dan tidak bertanggung jawab kepada keluarga. Sifat Takahisa yang suka lari dari tanggung jawab membuat Shigeo tertantang mengubah Takahisa untuk bisa menjadi ayah yang baik.
Cerita komik ini memiliki cerita yang sederhana berisikan kehidupan sehari-hari keluarga Jepang yang bisa saja terjadi disekitar kita. Ceritanya mengalir begitu saja dan nyaman untuk dibaca.

Nilai = 9/10
Pengarang  = Irie Kiwa
Gambar = Irie Kiwa
Jumlah Buku = 2 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2009
Judul Asli = Showa No Otoko
Jenis = Drama, Slice of Life 
DQ Review Komik


Contoh Gambar

No comments:

Post a Comment