Saturday, December 17, 2011

PLUTO





"Pada masa robot dan manusia hidup berdampingan, terjadi pembunuhan sadis terhadap manusia dan sejumlah robot berkemampuan tinggi.
Siapakah pembunuhnya, manusia atau robot ?
Detektif Gesicht - robot Europol - berusaha menyeliki kasus ini."

Komik ini merupakan adaptasi dari manga lama Astro Boy - The Greatest Robot on Earth karangan Osamu Tezuka yg digarap ulang oleh Naoki Urasawa.

Cerita diawali kebakaran didaerah Luzern, dan robot bernama Mont Blanc penjaga keamanan hutan Swiss ditemukan dalam keadaan terpotong-potong. Dunia menyesali kematian Mont Blanc, karena Mont Blanc dikenal bersahabat dengan anak-anak dan para tamu yang berkunjung ke pegunungan Swiss. Selain itu Bernard Ranke seorang anggota lembaga perlindungan hukum robot juga ditemukan tewas di Duesseldorf. Kedua korban meninggalkan bukti yang sama yaitu sepasang tanduk. Detektif Gesicht berusaha mencari motif dari kasus pembunuhan ini. Ternyata kasus ini berhubungan dengan semua robot terkuat didunia, para penciptanya dan perang masa lalu. Mereka diburu untuk dihancurkan termasuk Atom salah satu robot terkuat dunia dari Jepang.

Setiap membaca karya Naoki Urasawa selalu saja menghadirkan sensasi yg baru. Benar2 briliant dalam mengolah sebuah cerita. Komik Pluto mempunyai cerita yang unik dan membuat penasaran setiap membacanya. Naoki Urasawa memberikan sentuhan lebih real dan manusiawi terhadap karakter2 robot yg ada didalam komik ini, usaha para robot untuk memahami emosi manusia, perasaan sedih dan bahagia. Semua karakter mempunyai porsi lebih dalam dan berkembang. Terakhir cerita didalamnya seakan membuat saya merasa dejavu dengan invasi Amerika ke Iraq tahun 2003 yang lalu.

Nilai = 9.5/10
Pengarang  = Naoki Urasawa / Osamu Tezuka
Gambar = Naoki Urasawa
Jumlah Buku = 8 (tamat)
Penerbit = M&C
Tahun terbit di Indonesia = 2008 - 2011
Jenis = Action, Drama, Mystery, Sci-fi
DQ Review Komik  


Contoh Gambar

2 comments:

  1. kmrn beli pluto 8 di togamas or gramedia?
    *ngarepdikirimdrbsdsih*

    ReplyDelete
  2. Di Gramedia Yul... di Bali galeri..

    ReplyDelete